ANALISA INDIKATOR
DAN TEKNIK PENILAIAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Karangreja
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester : X / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2011 / 2012
NO
S K
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
TEKNIK
PENILAIAN
|
BENTUK
INSTRUMEN PENILAIAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1. Memahami
Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
|
1.1.
Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
.
|
Ø Menjelaskan pengertian sejarah.
Ø Menjelaskan manfaat mempelajari
sejarah sebagai edukatif.
Ø Menjelaskan pengertian sumber, bukti,
dan fakta sejarah.
Ø Mendeskripsikan peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan
peristiwa bersejarah yang ada di sekitarnya.
Ø Menyusun periodisasi dan kronologi sejarah Indonesia.
|
Test tertulis :
1. Pilihan ganda.
2. Uraian singkat
|
1. Sejarah diumpamakan sebagai pohon yang
selalu tumbuh dan berkembang atau sebagai silsilah keluarga, arti kata
tersebut berasal dari bahasa ……
a.
Arab
b.
Inggris
c.
Jerman
d.
Yunani
e.
Belanda
2. Sejarah merupakan masa lampau dalam
kehidupan setiap umat manusia dalam bahasa Inggris artinya adalah ……
a. Syajaratun
b. History
c.
Geschicht
d. Historia
e.
Historiografi
3. Sejarah
berarti kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, pengertian tersebut
menurut pendapat ……
a. Mohammad Ali
b. Kuntowijoyo
c.
W.J.S Poerwadarminta
d. Sartono Kartodirjo
e.
Nugroho Notosusanto
4. Peristiwa yang tidak
berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa, merupakan peristiwa sejarah yang
……
a. Unik
b. Penting
c.
Legendaris
d. Abadi
e.
Monumental
5. “Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Mr. Ahmad Subarjo
dan lain-lain adalah pelaku peristiwa sejarah pada saat proklamasi
kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945,” merupakan contoh unsur sejarah yang berhubungan dengan ……
a. Peristiwa
b. Tempat
c.
Waktu
d. Kejadian
e.
Manusia
6. Peristiwa sejarah dapat memberikan
pengalaman atau pelajaran yang berharga bagi para generasi penerusnya hal ini
merupakan manfaat atau kegunaan sejarah secara ……
a. Edukatif
b. Inspiratif
c.
Rekreatif
d. Fluktuatif
e.
Aspiratif
7. Suatu daerah yang banyak memiliki
peninggalan-peninggalan bersejarah, maka daerah tersebut banyak dikunjungi
orang. Dengan demikian peninggalan sejarah tersebut memiliki manfaat atau
kegunaan secara
a. Edukatif
b. Rekreatif
c.
Inspiratif
d. Rekreatif
e.
Fluktuatif
8. Peristiwa bersejarah yang disusun
berdasarkan metode ilmiah, maka sejarah tersebut memiliki hakekat dan ruang
lingkup sebagai ……
a. Peristiwa
b. Kisah
c.
Ilmu
d. Seni
e.
Fakta
nyata
9. “Prasasti Ciaruteun yang ditulis oleh orang yang hidup
pada jaman kerajaan Tarumanegara.” Prasasti
peninggalan kerajaan Tarumanegara tersebut merupakan contoh sumber ……
a. tertulis
sejaman tidak setempat
b. tertulis
setempat tidak sejaman
c.
keterangan
lisan
d. tertulis
sejaman dan setempat
e.
tertulis tidak sejaman dan tidak setempat
10. Menhir, dolmen, sarkofagus, gedung,
senjata dan lain-lain merupakan contoh sumber sejarah yang berupa ……
a. Dokumen
b. Prasasti
c.
Peralatan
hidup
d. Fosil
e.
Benda
11. Untuk memperoleh keterangan lisan
mengenai terjadinya peristiwa sejarah dari para pelaku dan saksi sejarah,
maka perlu dilakukan kegiatan ……
a. Kunjungan pariwisata
b. Kajian buku sumber pustaka
c.
Pengamatan
obyek peristiwa sejarah
d. Menjaga situs-situs bersejarah
e.
Wawancara
12. Informasi yang
diperoleh secara langsung dari para pelaku atau saksi peristiwa bersejarah, merupakan sumber
sejarah bersifat ……
a. Tertulis
b. Lisan
c.
Sekunder
d. Primer
e.
Tersier
13. Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan
hidup pada masa lampau seperti berburu, meramu, bercocok tanam dan beternak,
termasuk kajian jenis sejarah …
a. Sosial
b. Kebudayaan
c.
Ekonomi.
d. Politik
e.
Seni
14. Proses terbentuknya kehidupan politik,
berbangsa dan bernegara, merupakan bagian dari jenis sejarah …
a. Sosial
b. Kebudayaan
c.
Ekonomi
d. Politik.
e.
Seni
15. Proses terbentuknya hubungan antara
manusia baik secara individu sampai terbentuknya kelompok kesukuan, kampong,
desa, kecamatan, kabupaten, propinsi dan Negara, termasuk bidang kajian dari
jenis sejarah …
a. Sosial.
b. Kebudayaan
c.
Ekonomi
d. Politik
e.
Seni
16. Kejadian yang pernah dialami oleh manusia
secara langsung sehingga dapat membawa peruhanan hidup, merupakan ……
a. Fakta
b. Bukti
c.
Pengalaman
hidup
d. Peristiwa
e.
Kejadian
17. Bangunan yang berupa punden berundak,
candi, gedung, benteng, masjid, merupakan contoh dari …
a. Fakta sejarah
b. Peninggalan sejarah.
c.
Peristiwa
sejarah
d. Kejadian bersejarah
e.
Monument
bersejarah
18. Untuk mengenang kembali peristiwa-peristiwa
bersejarah yang membawa perubahan hidup bagi seluruh masyarakat, maka perlu
dibangunan …
a. Monument bersejarah.
b. Peninggalan bersejarah
c.
Situs-situs
bersejarah
d. Museum bersejarah
e.
Perpustakaan
sejarah
19. Peritiwa sejarah yang disusun kembali berdasarkan
pada urutan waktu atau pembagian waktu, merupakan pengertian dari ……
a. Sumber sekunder
b. Sumber primer
c.
Bukti-bukti
sejarah
d. Fakta-fakta sejarah
e.
Periodisasi
sejarah
20. Penulisan kembali peristiwa sejarah yang
berdasarkan pada urutan kejadian peristiwa, merupakan pengertian dari ……
a. Kronologi sejarah
b. Sumber tertulis
c.
Peristiwa
bersejarah
d. Peringatan tempat bersejarah
e.
Pembabakan
waktu sejarah
21. Di bawah ini merupakan contoh penyusunan
periodisasi sejarah
1. Jaman prasejarah sampai 0 tahun
2. Jaman proto sejarah, tahun 0 sampai tahun ke-4
3. Jaman nasional, abad ke -4 sampai abad ke -6
4. Jaman internasional, abad ke -16 sampai kira-kira tahun 1900
5. Abad proklamasi milai kira-kira tahun 1900
Contoh
periodisasi sejarah tersebut diatas disusun oleh …
a. J.J. Meinsma
b. H.J. de Graaf
c.
Tan
Malaka
d. Mohammad Yamin
e.
Sartono
Kartodirjo
22. Menurut bahwa peritiwa yang
berulang-ulang hanya terjadi pada Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan peristiwa
yang berurutan (succesion) merupakan obyek studi sejarah sebagai ilmu.
Pendapat tersebut disampaikan oleh …
a. Alexander de Xenopol
b. J.J. Meinsma
c.
H.J.
de Graaf
d. Tan Malaka
e.
Mohammad
Yamin
|
1.2.
Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
dan masa aksara
|
Ø Mengidentifikasikan cara masyarakat
pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui tutur.
Ø Mengidentifikasikan cara masyarakat
pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui tari dan lagu.
Ø Mengidentifikasikan cara masyarakat
pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui alat dan bangunan.
Ø Mengidentifikasi tradisi sejarah pada
masyarakat pra-aksara melalui upacara
larung sesaji laut di Pantai Selatan Yogyakarta.
Ø Mengidentifikasi tradisi sejarah pada
masyarakat pra-aksara melalui atraksi
lompat batu di Nias.
Ø Mendeskripsikan
definisi foklore.
Ø Mendeskripsikan
definisi mitologi.
Ø Mengidentifikasikan cara masyarakat pada
masa aksara mewariskan masa lalunya melalui tulisan (prasasti, lontar, kulit
kayu, kulit binatang).
|
23. Kebiasaan-kebiasaan hidup yang telah
berkembang pada masyarakat yang pernah hidup pada jaman prasejarah maupun
jaman sejarah, kemudian diwariskan secara turun temurun, berkembang menjadi …
a. Kebudayaan
b. Tradisi.
c.
Peradaban
d. Norma kehidupan
e.
Peninggalan
tradisional
24. Dongeng dan legenda sebagai sarana untuk
memperkenalkan tradisi kepada generasi penerus, merupakan proses pewarisan
tradisi melalui …
a. Adat-istiadat
b. Kesenian tradisional
c.
Cerita
tutur atau lisan.
d. Pentas seni budaya daerah
e.
Pertunjukan
tari dan seni tradisional
25. Pertunjukan seni kuda lumping yang
diringi gamelan dan lagu-lagu daerah, merupakan proses pewarisan tradisi melalui …
a. Cerita lisan atau tutur
b. Kesenian daerah
c.
Tari-tarian
daerah
d. Tari dan lagu.
e.
Lagu-lagu
daerah
26. Peninggalan kebudayaan batu seperti kapak
perimbas, kapak lonjong, punden berundak, menhir, dolmen dan sebagainya,
merupakan proses pewarisan tradisi melalui …
a. Alat-alat tradisional
b. Bangunan-bangunan prasejarah
c.
Situ-situs
prasejarah
d. Peralatan-peralatan batu
e.
Alat
dan bangunan.
27. Upacara larung sesaji laut di Pantai
Selatan Yogyakarta, merupakan bagian dari tradisi masyarakat pada masa
praaksara yang berhubungan dengan …
a. Sistim kepercayaan atau religius.
b. Kepercayaan pada arwah leluhur
c.
Kepercayaan
pada kekuatan-kekuatan gaib
d. Sistim kesenian
e.
Sistim
mata pencaharian hidup
28. Atraksi lompat batu di pulau Nias
memiliki hubungan yang sangat erat dengan tradisi kebudayaan pada jaman …
a. Batu tua atau palaeolothicum
b. Batu besar megalithicum.
c.
Batu
madya messolotihicum
d. Batu muda neolithicum
e.
Batu
dan logam
29. Adat-istiadat
tradisional dan cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun yang tidak
dibukakan,
merupakan pengertian dari …
a. Mite
b. Floklore.
c.
Legenda
d. Dongeng
e.
Sajak
30. Adat-istiadat
tradisional yang disampaikan melalui tari-tarian daerah, senjata
tradisional, rumah adat daerah, perkawinan adat daerah merupakan pengertian …
a. Floklore non lisan.
b. Floklore lisan
c.
Floklore tertulis
d. Legenda tertulis
e.
Mitologi
31. Cerita yang dianggap oleh pemiliknya
benar-benar telah terjadi dan dianggap sakral
a. Legenda
b. Mite.
c.
Dongeng
d. Floklore
e.
Syair
32. Kisah terjadinya
gunung Batok digunung Bromo, Pegunungan Tengger, merupakan contoh mite yang
berasal dari daerah …
a. Jawa Barat
b. Jawa Timur
c.
Jawa Timur.
d. Yogyakarta
e.
Bali
33. Memasuki jaman sejarah masyarakat
Indonesia sudah dapat meninggalkan bukti-bukti tertulis diatas lempengan batu,
daun lontar, kulit kayu dan kulit binatang. Tradisi tulisan pada lempengan
batu dikenal dengan sebutan …
a. Dokumen
b. Arsip
c.
Tulisan
batu
d. Prasasti.
e.
Batu
tulis
|
||
1.3. Menggunakan
prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
|
Ø Menjelaskan tentang prinsip-prinsip dasar
penelitian sejarah.
|
34. Kegiatan
mencari dan mengumpulkan sumber dalam penelitian sejarah, termasuk pengertian dari …
a. Verifikasi
b. Historiografi
c.
Intepretasi
d. Kritik sumber
e.
Heuristik.
35. Suatu teknik
dan seni untuk mencari dan mengumpulkan sumber yang diperlukan dalam penelitian
sejarah merupakan pendapat yang disampaikan oleh …
a. G.J. Reiner
(1997).
b. J.J. Meisnma
c.
G.J.
de Graaf
d. Tan Malaka
e.
Mohammad
Yamin
36. Artefak atau
benda-benda peninggalan bersejarah, seperti bangunan gedung, benteng pertahanan,
candi, perhiasan, dan sebagainya, merupakan contoh dari …
a. Sumber tertulis
b. Sumber benda.
c.
Sumber
lisan
d. Sumber primer
e.
Sumber
sekunder
37. Kritik terhadap
sumber sejarah perlu dilakukan agar dapat diperoleh keabsahan baik terhadap
keaslian maupun kesahihan atau kredibilitas. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari …
a. Simplifikasi
b. Historiografi
c.
Verifikasi.
d. Saintifikasi
e.
Semantik
38. Untuk
mengetahui keaslian sumber sejarah perlu dilakukan seleksi terhadap sifat-sifat
fisik kebendaan seperti jenis kertas, tinta, gaya penulisan, bahasa, kalimat,
ungkapan-ungkapan, kata-kata dan huruf yang digunakan. Kegiatan tersebut
merupakan bagian dari …
a. Kritik sumber asli
b. Kritik sumber benda
c.
Kritik intern
d. Kritik ekstern.
e.
Kritik sumber lisan
39.
Sumber tersier ini merupakan keterangan lisan yang
diperoleh atau disampaikan oleh pihak ketiga atau lebih. Yang dimaksud pihak
ketiga adalah saksi ahli adalah …
a.
Orang yang pernah menyaksikan jalan peristiwa sejarah
b.
Orang yang pernah menjadi pelaku peristiwa sejarah
c.
Orang yang meneliti peristiwa-peristiwa masa lampau
d.
Orang yang memiliki keahli pada bidang ilmu tertentu
e.
Seorang ahli sejarah, ahli geologi, ahli
palaeoanthropologi, ahli anthropologi, ahli arkheologi.
40. Menafsirkan
fakta-fakta tertulis maupun lisan yang terdapat dalam sumber sejarah merupakan bagian dari …
a. Intepretasi.
b. Verifikasi
c.
Historiografi
d. Periodisasi
e.
Kronologi
41. Langkah
terakhir dari kegiatan penelitian sejarah adalah cara penulisan dan pemaparan
hasil penelitian sejarah yang telah selesai dilaksanakan. Hal tersebut merupakan langkah
terakhir dari penelitian sejarah yaitu …
a. Periodisasi
b. Historiografi.
c.
Heuristik
d. Penelitian sejarah
e.
Penulisan
sejarah
42. Mencari informasi sumber sejarah,
heuristik, verifikasi, intepretasi dan historiografi, merupakan unsure-unsur
yang terdapat dalam …
a. Pengamatan peristiwa sejarah
b. Penelusuran jejak-jejak sejarah
c.
Penelitian
sejarah.
d. Penulisan kisah-kisah sejarah
e.
Identifikasi
sumber-sumber sejarah
43. Pendahuluan, Pembahasan
Hasil Penelitian dan Penutup merupakan bagian-bagian yang terdapat pada …
a. Proses penelitian sejarah
b. Analisis sumber sejarah
c.
Mengumpulkan
sumber-sumber sejarah
d. Penulisan sejarah atau historiografi
e.
Mengkaji
sumber-sumber sejarah
44. Kebiasan-kebiasaan hidup yang telah
berlangsung dimasyarakat, kemudian diwariskan secara turun temurun , merupkan
pengertian dari …
a. Folklore
b. Mitologi
c.
Legenda
d. Dongeng
e.
Tradisi
45. Kegiatan memperingati hari-hari besar
Islam, seperti Maulid Nabi, Israk Mikraj, Nujulul Quran dan sebagai merupakan
bagian dari tradisi yang berhubungan dengan …
a. Kepercayaan
b. Peralatan hidup
c.
Kesenian
d. Bahasa dan tulisan
e.
Kehidupan
umat Islam
|
||
Karangreja, 8 Nopember 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
Drs. Kustomo Saefuloh
Al Masnun, S.Pd
NIP : 19610314 198602 1 003 NIP
: 19670306 199802 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar