ANALISA INDIKATOR DAN TEKNIK PENILAIAN


ANALISA INDIKATOR DAN TEKNIK PENILAIAN

Nama Sekolah           : SMA Negeri 1 Karangreja
Mata Pelajaran          : Sejarah
Kelas / Semester       : X / Ganjil
Tahun Pelajaran        : 2011 / 2012

NO
 S K
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TEKNIK PENILAIAN
BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN
1
2
3
4
5
1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
 1.1. Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
.

Ø  Menjelaskan pengertian sejarah.




























Ø  Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah sebagai edukatif.














Ø  Menjelaskan pengertian sumber, bukti, dan fakta sejarah.









































Ø  Mendeskripsikan peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah yang ada di sekitarnya.








Ø  Menyusun periodisasi dan  kronologi sejarah Indonesia.
Test tertulis :
1. Pilihan ganda.
2. Uraian singkat

1.       Sejarah diumpamakan sebagai pohon yang selalu tumbuh dan berkembang atau sebagai silsilah keluarga, arti kata tersebut berasal dari bahasa ……
a.          Arab
b.          Inggris
c.           Jerman
d.          Yunani
e.           Belanda
2.       Sejarah merupakan masa lampau dalam kehidupan setiap umat manusia dalam bahasa Inggris artinya adalah ……
a.       Syajaratun
b.       History
c.        Geschicht
d.       Historia
e.        Historiografi
3.       Sejarah berarti kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, pengertian tersebut menurut pendapat ……
a.       Mohammad Ali
b.       Kuntowijoyo
c.        W.J.S Poerwadarminta
d.       Sartono Kartodirjo
e.        Nugroho Notosusanto
4.       Peristiwa yang tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa, merupakan peristiwa sejarah yang ……
a.       Unik
b.       Penting
c.        Legendaris
d.       Abadi
e.        Monumental
5.       “Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Mr. Ahmad Subarjo dan lain-lain adalah pelaku peristiwa sejarah pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, merupakan contoh unsur sejarah yang berhubungan dengan ……
a.       Peristiwa
b.       Tempat
c.        Waktu
d.       Kejadian
e.        Manusia
6.       Peristiwa sejarah dapat memberikan pengalaman atau pelajaran yang berharga bagi para generasi penerusnya hal ini merupakan manfaat atau kegunaan sejarah secara ……
a.       Edukatif
b.       Inspiratif
c.        Rekreatif
d.       Fluktuatif
e.        Aspiratif
7.       Suatu daerah yang banyak memiliki peninggalan-peninggalan bersejarah, maka daerah tersebut banyak dikunjungi orang. Dengan demikian peninggalan sejarah tersebut memiliki manfaat atau kegunaan secara
a.       Edukatif
b.       Rekreatif
c.        Inspiratif
d.       Rekreatif
e.        Fluktuatif
8.       Peristiwa bersejarah yang disusun berdasarkan metode ilmiah, maka sejarah tersebut memiliki hakekat dan ruang lingkup sebagai ……
a.       Peristiwa
b.       Kisah
c.        Ilmu
d.       Seni
e.        Fakta nyata
9.       “Prasasti Ciaruteun yang ditulis oleh orang yang hidup pada jaman kerajaan Tarumanegara.  Prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara tersebut merupakan contoh sumber ……
a.       tertulis sejaman tidak setempat
b.       tertulis setempat tidak sejaman
c.        keterangan lisan
d.       tertulis sejaman dan setempat
e.        tertulis tidak sejaman dan tidak setempat
10.    Menhir, dolmen, sarkofagus, gedung, senjata dan lain-lain merupakan contoh sumber sejarah yang berupa ……
a.       Dokumen
b.       Prasasti
c.        Peralatan hidup
d.       Fosil
e.        Benda
11.    Untuk memperoleh keterangan lisan mengenai terjadinya peristiwa sejarah dari para pelaku dan saksi sejarah, maka perlu dilakukan kegiatan ……
a.       Kunjungan pariwisata
b.       Kajian buku sumber pustaka
c.        Pengamatan obyek peristiwa sejarah
d.       Menjaga situs-situs bersejarah
e.        Wawancara
12.    Informasi yang diperoleh secara langsung dari para pelaku atau saksi peristiwa bersejarah, merupakan sumber sejarah bersifat ……
a.       Tertulis
b.       Lisan
c.        Sekunder
d.       Primer
e.        Tersier
13.    Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup pada masa lampau seperti berburu, meramu, bercocok tanam dan beternak, termasuk kajian jenis sejarah …
a.       Sosial
b.       Kebudayaan
c.        Ekonomi.
d.       Politik
e.        Seni
14.    Proses terbentuknya kehidupan politik, berbangsa dan bernegara, merupakan bagian dari jenis sejarah …
a.       Sosial
b.       Kebudayaan
c.        Ekonomi
d.       Politik.
e.        Seni
15.    Proses terbentuknya hubungan antara manusia baik secara individu sampai terbentuknya kelompok kesukuan, kampong, desa, kecamatan, kabupaten, propinsi dan Negara, termasuk bidang kajian dari jenis sejarah …
a.       Sosial.
b.       Kebudayaan
c.        Ekonomi
d.       Politik
e.        Seni
16.    Kejadian yang pernah dialami oleh manusia secara langsung sehingga dapat membawa peruhanan hidup, merupakan ……
a.       Fakta
b.       Bukti
c.        Pengalaman hidup
d.       Peristiwa
e.        Kejadian
17.    Bangunan yang berupa punden berundak, candi, gedung, benteng, masjid, merupakan contoh dari …
a.       Fakta sejarah
b.       Peninggalan sejarah.
c.        Peristiwa sejarah
d.       Kejadian bersejarah
e.        Monument bersejarah
18.    Untuk mengenang kembali peristiwa-peristiwa bersejarah yang membawa perubahan hidup bagi seluruh masyarakat, maka perlu dibangunan …
a.       Monument bersejarah.
b.       Peninggalan bersejarah
c.        Situs-situs bersejarah
d.       Museum bersejarah
e.        Perpustakaan sejarah
19.    Peritiwa sejarah yang disusun kembali berdasarkan pada urutan waktu atau pembagian waktu, merupakan pengertian dari ……
a.       Sumber sekunder
b.       Sumber primer
c.        Bukti-bukti sejarah
d.       Fakta-fakta sejarah
e.        Periodisasi sejarah
20.    Penulisan kembali peristiwa sejarah yang berdasarkan pada urutan kejadian peristiwa, merupakan pengertian dari ……
a.       Kronologi sejarah
b.       Sumber tertulis
c.        Peristiwa bersejarah
d.       Peringatan tempat bersejarah
e.        Pembabakan waktu sejarah
21.    Di bawah ini merupakan contoh penyusunan periodisasi sejarah
1.    Jaman prasejarah sampai 0 tahun
2.     Jaman proto sejarah, tahun 0 sampai tahun ke-4
3.     Jaman nasional, abad ke -4 sampai abad ke -6
4.     Jaman internasional, abad ke -16 sampai kira-kira tahun 1900
5.     Abad proklamasi milai kira-kira tahun 1900
Contoh periodisasi sejarah tersebut diatas disusun oleh …
a.       J.J. Meinsma
b.       H.J. de Graaf
c.        Tan Malaka
d.       Mohammad Yamin
e.        Sartono Kartodirjo
22.    Menurut bahwa peritiwa yang berulang-ulang hanya terjadi pada Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan peristiwa yang berurutan (succesion) merupakan obyek studi sejarah sebagai ilmu. Pendapat tersebut disampaikan oleh …
a.       Alexander de Xenopol
b.       J.J. Meinsma
c.        H.J. de Graaf
d.       Tan Malaka
e.        Mohammad Yamin

1.2. Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara

Ø  Mengidentifikasikan cara masyarakat pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui tutur.










Ø  Mengidentifikasikan cara masyarakat pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui tari dan lagu.



Ø  Mengidentifikasikan cara masyarakat pra-aksara mewariskan masa lalunya melalui alat dan bangunan.


Ø  Mengidentifikasi tradisi sejarah pada masyarakat pra-aksara melalui  upacara larung sesaji laut di Pantai Selatan Yogyakarta.

Ø  Mengidentifikasi tradisi sejarah pada masyarakat pra-aksara melalui  atraksi lompat batu di Nias.


Ø  Mendeskripsikan definisi foklore.













Ø  Mendeskripsikan definisi mitologi.











Ø  Mengidentifikasikan cara masyarakat pada masa aksara mewariskan masa lalunya melalui tulisan (prasasti, lontar, kulit kayu, kulit binatang).


23.    Kebiasaan-kebiasaan hidup yang telah berkembang pada masyarakat yang pernah hidup pada jaman prasejarah maupun jaman sejarah, kemudian diwariskan secara turun temurun, berkembang menjadi …
a.       Kebudayaan
b.       Tradisi.
c.        Peradaban
d.       Norma kehidupan
e.        Peninggalan tradisional
24.    Dongeng dan legenda sebagai sarana untuk memperkenalkan tradisi kepada generasi penerus, merupakan proses pewarisan tradisi melalui …
a.       Adat-istiadat
b.       Kesenian tradisional
c.        Cerita tutur atau lisan.
d.       Pentas seni budaya daerah
e.        Pertunjukan tari dan seni tradisional
25.    Pertunjukan seni kuda lumping yang diringi gamelan dan lagu-lagu daerah, merupakan proses pewarisan tradisi  melalui …
a.       Cerita lisan atau tutur
b.       Kesenian daerah
c.        Tari-tarian daerah
d.       Tari dan lagu.
e.        Lagu-lagu daerah
26.    Peninggalan kebudayaan batu seperti kapak perimbas, kapak lonjong, punden berundak, menhir, dolmen dan sebagainya, merupakan proses pewarisan tradisi melalui …
a.       Alat-alat tradisional
b.       Bangunan-bangunan prasejarah
c.        Situ-situs prasejarah
d.       Peralatan-peralatan batu
e.        Alat dan bangunan.
27.    Upacara larung sesaji laut di Pantai Selatan Yogyakarta, merupakan bagian dari tradisi masyarakat pada masa praaksara yang berhubungan dengan …
a.       Sistim kepercayaan atau religius.
b.       Kepercayaan pada arwah leluhur
c.        Kepercayaan pada kekuatan-kekuatan gaib
d.       Sistim kesenian
e.        Sistim mata pencaharian hidup
28.    Atraksi lompat batu di pulau Nias memiliki hubungan yang sangat erat dengan tradisi kebudayaan pada jaman …
a.       Batu tua atau palaeolothicum
b.       Batu besar megalithicum.
c.        Batu madya messolotihicum
d.       Batu muda neolithicum
e.        Batu dan logam
29.    Adat-istiadat tradisional dan cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun yang tidak dibukakan, merupakan pengertian dari …
a.       Mite
b.       Floklore.
c.        Legenda
d.       Dongeng
e.        Sajak
30.    Adat-istiadat tradisional yang disampaikan melalui tari-tarian daerah, senjata tradisional, rumah adat daerah, perkawinan adat daerah merupakan pengertian …
a.       Floklore non lisan.
b.       Floklore lisan
c.        Floklore tertulis
d.       Legenda tertulis
e.        Mitologi
31.    Cerita yang dianggap oleh pemiliknya benar-benar telah terjadi dan dianggap sakral
a.       Legenda
b.       Mite.
c.        Dongeng
d.       Floklore
e.        Syair
32.    Kisah terjadinya gunung Batok digunung Bromo, Pegunungan Tengger, merupakan contoh mite yang berasal dari daerah …
a.       Jawa Barat
b.       Jawa Timur
c.        Jawa Timur.
d.       Yogyakarta
e.        Bali
33.    Memasuki jaman sejarah masyarakat Indonesia sudah dapat meninggalkan bukti-bukti tertulis diatas lempengan batu, daun lontar, kulit kayu dan kulit binatang. Tradisi tulisan pada lempengan batu dikenal dengan sebutan …
a.       Dokumen
b.       Arsip
c.        Tulisan batu
d.       Prasasti.
e.        Batu tulis

1.3. Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
Ø  Menjelaskan tentang prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah.








































34.    Kegiatan mencari dan mengumpulkan sumber dalam penelitian sejarah, termasuk pengertian dari …
a.       Verifikasi
b.       Historiografi
c.        Intepretasi
d.       Kritik sumber
e.        Heuristik.
35.    Suatu teknik dan seni untuk mencari dan mengumpulkan sumber yang diperlukan dalam penelitian sejarah merupakan pendapat yang disampaikan oleh …
a.       G.J. Reiner (1997).
b.       J.J. Meisnma
c.        G.J. de Graaf
d.       Tan Malaka
e.        Mohammad Yamin
36.    Artefak atau benda-benda peninggalan bersejarah, seperti bangunan gedung, benteng pertahanan, candi, perhiasan, dan sebagainya, merupakan contoh dari …
a.       Sumber tertulis
b.       Sumber benda.
c.        Sumber lisan
d.       Sumber primer
e.        Sumber sekunder
37.    Kritik terhadap sumber sejarah perlu dilakukan agar dapat diperoleh keabsahan baik terhadap keaslian maupun kesahihan atau kredibilitas. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari …
a.       Simplifikasi
b.       Historiografi
c.        Verifikasi.
d.       Saintifikasi
e.        Semantik
38.    Untuk mengetahui keaslian sumber sejarah perlu dilakukan seleksi terhadap sifat-sifat fisik kebendaan seperti jenis kertas, tinta, gaya penulisan, bahasa, kalimat, ungkapan-ungkapan, kata-kata dan huruf yang digunakan. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari …
a.       Kritik sumber asli
b.       Kritik sumber benda
c.        Kritik intern
d.       Kritik ekstern.
e.        Kritik sumber lisan
39.    Sumber tersier ini merupakan keterangan lisan yang diperoleh atau disampaikan oleh pihak ketiga atau lebih. Yang dimaksud pihak ketiga adalah saksi ahli adalah …
a.       Orang yang pernah menyaksikan jalan peristiwa sejarah
b.       Orang yang pernah menjadi pelaku peristiwa sejarah
c.        Orang yang meneliti peristiwa-peristiwa masa lampau
d.       Orang yang memiliki keahli pada bidang ilmu tertentu
e.        Seorang ahli sejarah, ahli geologi, ahli palaeoanthropologi, ahli anthropologi, ahli arkheologi.
40.    Menafsirkan fakta-fakta tertulis maupun lisan yang terdapat dalam sumber sejarah merupakan bagian dari …
a.       Intepretasi.
b.       Verifikasi
c.        Historiografi
d.       Periodisasi
e.        Kronologi
41.    Langkah terakhir dari kegiatan penelitian sejarah adalah cara penulisan dan pemaparan hasil penelitian sejarah yang telah selesai dilaksanakan. Hal tersebut merupakan langkah terakhir dari penelitian sejarah yaitu …
a.       Periodisasi
b.       Historiografi.
c.        Heuristik
d.       Penelitian sejarah
e.        Penulisan sejarah
42.    Mencari informasi sumber sejarah, heuristik, verifikasi, intepretasi dan historiografi, merupakan unsure-unsur yang terdapat dalam …
a.       Pengamatan peristiwa sejarah
b.       Penelusuran jejak-jejak sejarah
c.        Penelitian sejarah.
d.       Penulisan kisah-kisah sejarah
e.        Identifikasi sumber-sumber sejarah
43.    Pendahuluan, Pembahasan Hasil Penelitian dan Penutup merupakan bagian-bagian yang terdapat pada …
a.       Proses penelitian sejarah
b.       Analisis sumber sejarah
c.        Mengumpulkan sumber-sumber sejarah
d.       Penulisan sejarah atau historiografi
e.        Mengkaji sumber-sumber sejarah
44.    Kebiasan-kebiasaan hidup yang telah berlangsung dimasyarakat, kemudian diwariskan secara turun temurun , merupkan pengertian dari …
a.       Folklore
b.       Mitologi
c.        Legenda
d.       Dongeng
e.        Tradisi
45.    Kegiatan memperingati hari-hari besar Islam, seperti Maulid Nabi, Israk Mikraj, Nujulul Quran dan sebagai merupakan bagian dari tradisi yang berhubungan dengan …
a.       Kepercayaan
b.       Peralatan hidup
c.        Kesenian
d.       Bahasa dan tulisan
e.        Kehidupan umat Islam








Karangreja, 8 Nopember  2011

Mengetahui                                                                
Kepala Sekolah                                                                                                           Guru Bidang Studi


Drs. Kustomo                                                                                                              Saefuloh Al Masnun, S.Pd
NIP : 19610314 198602 1 003                                                                                   NIP : 19670306 199802 1 004


Tidak ada komentar:

Posting Komentar