BAB I. PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah
Perilaku menyontek
di kalangan pelajar biasanya dilatar belakangi oleh adanya keinginan untuk
mendapatkan nilai yang baik.
- Rumusan Masalah
-
Apakah pengertian menyontek ?
-
Sebutkan jenis-jenis menyontek
!
-
Apa
saja faktor-faktor yang menyebabkan perilaku menyontek ?
-
Bagaimana
dampak dari perilaku menyontek ?
-
Upaya
apa yang dilakukan untuk mencegah perilaku menyontek ?
- Tujuan
Perilaku menyontek di kalangan pelajar mempunyai
tujuan untuk mendapatkan nilai maksimal dan nilai yang baik.
BAB II. PEMBAHASAN
- Pengertian menyontek
Menyontek adalah suatu tindakan pelajar yang
menyimpang karena tidak ada rasa percaya diri pada diri sendiri dan adanya
keinginan untuk mendapatkan nilai yang baik.
- Jenis-jenis menyontek
-
Membawa
catatan-catatan kecil
-
Melihat
jawaban teman
-
Menuliskan
materi-materi di bagian tubuh
-
Memberi
maupun menerima jawaban
- Faktor penyebab menyontek
-
Pada
saat akan ulangan tidak belajar terlebih dahulu
-
Kurangnya
rasa percaya diri di kalangan pelajar
-
Waktu
yang sangat singkat untuk mengerjakan soal
-
Adanya
peraturan dari guru yang mengharuskan jawaban harus sama persis dengan materi
yang telah di sampaikan
- Dampak dari perilaku menyontek
Dampak negatif :
-
Siswa
menjadi tidak mandiri
-
Siswa
menjadi tidak punya rasa percaya diri
-
Siwa
akan mersa ingin selalau menyontek saat ulangan berlangsung atau kecanduan
-
Siswa
tidak diberi nilai oleh guru karena tertangkap basah menyontek]
Dampak positif :
-
Mendapat
nilai yang baik dan maksimal
- Upaya yang dilakukan untuk mencegah perilaku menyontek
-
Belajar
semaksimal mungkain sebelum ulangan akan dilaksanakan
-
Menumbuhkan
rasa percaya diri bahwa saya pasti bisa
-
Seorang
guru tidak mengharuskan siswanya menjawab sesuai dengan materi yang diberikan,
melainkan hanya mengacu pada materi tersebut
BAB III. PENUTUP
Demikianlah uraian tentang perilaku menyontek yang telah kami diskusikan.
Semoga lebih bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar