Jumat, 17 Februari 2012

PERILAKU MENYONTEK (CHEATING) DI KELANGAN PELAJAR


BAB I. PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
Perilaku menyontek di kalangan pelajar biasanya dilatar belakangi oleh adanya keinginan untuk mendapatkan nilai yang baik.
  1. Rumusan Masalah
-          Apakah pengertian menyontek ?
-          Sebutkan jenis-jenis menyontek !
-          Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan perilaku menyontek ?
-          Bagaimana dampak dari perilaku menyontek ?
-          Upaya apa yang dilakukan untuk mencegah perilaku menyontek ?
  1. Tujuan
Perilaku menyontek di kalangan pelajar mempunyai tujuan untuk mendapatkan nilai maksimal dan nilai yang baik.
BAB II. PEMBAHASAN
  1. Pengertian menyontek
Menyontek adalah suatu tindakan pelajar yang menyimpang karena tidak ada rasa percaya diri pada diri sendiri dan adanya keinginan untuk mendapatkan nilai yang baik.
  1. Jenis-jenis menyontek
-          Membawa catatan-catatan kecil
-          Melihat jawaban teman
-          Menuliskan materi-materi di bagian tubuh
-          Memberi maupun menerima jawaban
  1. Faktor penyebab menyontek
-          Pada saat akan ulangan tidak belajar terlebih dahulu
-          Kurangnya rasa percaya diri di kalangan pelajar
-          Waktu yang sangat singkat untuk mengerjakan soal
-          Adanya peraturan dari guru yang mengharuskan jawaban harus sama persis dengan materi yang telah di sampaikan
  1. Dampak dari perilaku menyontek
Dampak negatif :
-          Siswa menjadi tidak mandiri
-          Siswa menjadi tidak punya rasa percaya diri
-          Siwa akan mersa ingin selalau menyontek saat ulangan berlangsung atau kecanduan
-          Siswa tidak diberi nilai oleh guru karena tertangkap basah menyontek]
Dampak positif :
-          Mendapat nilai yang baik dan maksimal
  1. Upaya yang dilakukan untuk mencegah perilaku menyontek
-          Belajar semaksimal mungkain sebelum ulangan akan dilaksanakan
-          Menumbuhkan rasa percaya diri bahwa saya pasti bisa
-          Seorang guru tidak mengharuskan siswanya menjawab sesuai dengan materi yang diberikan, melainkan hanya mengacu pada materi tersebut
BAB III. PENUTUP
Demikianlah uraian tentang perilaku menyontek yang telah kami diskusikan. Semoga lebih bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar